Komparasi Hasil Belajar IPA Antara Kelas Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Dan Kelas Yang Diajar Dengan Index Card Match Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Mantingan 6 Mantingan Ngawi Tahun 2012/2013

MILANTIKA, ESKA YOGA (2013) Komparasi Hasil Belajar IPA Antara Kelas Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Dan Kelas Yang Diajar Dengan Index Card Match Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Mantingan 6 Mantingan Ngawi Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (777kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang menggunakan bantuan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dan Index Card Match pada .siswa kelas V SD Negeri Mantingan 6 tahun pelajaran 2012/2013, 2. Untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran Predict-Observe-Explain dan Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Mantingan 6 tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Mantingan 6 Ngawi tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji hipotesis kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang menggunakan bantuan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dan Index Card Match. Hal ini dapat dilihat Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh perbandingan yang signifikan antara variabel model pembelajaran Predict-Observe-Explain dengan variabel model pembelajaran Index Card Match nilai Statistik t-test menunjukkan 4,692 dengan probabilitas 0,000. Oleh karena nilai asymp sig = 0,000 < α =0,05. Yang berarti ada perbedaan atau adanya ketidak samaan antara penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dengan model pembelajaran Index Card Match, dengan disertakan perbedaan mean sebesar 8,929, yaitu selisih rata-rata hasil belajar IPA selama diadakan post test yang berbeda. Dengan masing-masing memiliki rata-rata yang signifikan, yakni untuk model pembelajaran Predict-Observe-Explain memiliki nilai rata-rata sebesar 82,86 sedangkan model pembelajaran Index Card Match memiliki nilai rata-rata 73,93.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain, Index Card Match, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:52
Last Modified: 10 Apr 2013 12:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23539

Actions (login required)

View Item View Item