Hubungan Pola Asuh Caregiver Dengan Perkembangan Emosi Pada Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Pandak, Sidoharjo, Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

ANGGARINI, NOVIANA (2013) Hubungan Pola Asuh Caregiver Dengan Perkembangan Emosi Pada Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Pandak, Sidoharjo, Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_Novianan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF (Hal Depan )
03._Halaman_Depan.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pola asuh caregiver adalah bentuk penanganan kepada anak yang berupa mengasuh, membimbing, dan mendidik anak yang dilakukan selain orang tua yaitu kakek nenek, sahabat orang tua, dan tenaga yang professional. Perkembangan emosi adalah serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pematangan, dan keadaan yang kompleks, dapat berupa perasaan ataupun getaran jiwa yang ditandai oleh perubahan biologis yang muncul menyertai terjadinya suatu perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh caregiver dengan perkembangan emosi pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pandak, Sidoharjo, Sragen, Tahun Ajaran 2012 / 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita Pandak Sidoharjo Sragen pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013. Waktu yang dipergunakan selama 3 bulan (Januari, Februari, Maret). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pandak yang berjumlah 25 anak yaitu 12 perempuan dan 13 lakilaki. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan angket. Analisis data digunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian adalah Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh caregiver dengan perkembangan emosi pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pandak, Sidoharjo, Sragen Tahun Ajaran 2012 / 2013. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan korelasi product moment adalah nilai rXY = 0,526 > rtabel = 0,468. Kata kunci: Pola Asuh Caregiver, Perkembangan Emosi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Caregiver, Perkembangan Emosi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:30
Last Modified: 10 Apr 2013 12:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23534

Actions (login required)

View Item View Item