Implementasi Metode Krulik-Rudnick Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Kelas V SD Negeri Bratan II Tahun Ajaran 2012/2013

MAYASARI, RIA INDRA (2013) Implementasi Metode Krulik-Rudnick Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Kelas V SD Negeri Bratan II Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (220kB)

Abstract

Pemahaman materi siswa merupakan salah satu hal terpenting dalam suatu proses pembelajaran, karena pemahaman ialah kemampuan untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemahaman materi siswa dalam memecahkan soal cerita matematika melalui penerapan metode Krulick-Rudnick. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan pemahaman materi. Peningkatan pemahaman materi dari prasiklus, siswa yang memperhatikan penjelasan dari guru sebanyak 47,16%, memberikan tanggapan dari guru/siswa sebanyak 43,39%, keaktifan siswa mengumpulkan dan mengorganisasi informasi sebanyak 9,43%, kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita sebanyak 54,71% meningkat pada siklus I: siswa yang memperhatikan penjelasan dari guru sebanyak 50,93%, memberikan tanggapan dari guru/siswa sebanyak 54,71%, keaktifan siswa mengumpulkan dan mengorganisasi informasi sebanyak 49,05%, dan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita 62,26%, meningkat pada siklus II: siswa yang memperhatikan penjelasan dari guru sebanyak 74,52%, memberikan tanggapan dari guru/siswa sebanyak 70,75%, keaktifan siswa mengumpulkan dan mengorganisasi informasi sebanyak 74,52%, dan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita 73,58%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa metode Krulick-Rudnick dapat meningkatkan pemahaman materi siswa dalam memecahkan soal cerita matematika kelas V SDN Bratan II tahun ajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman materi siswa, metode Krulick-Rudnick
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2013 11:46
Last Modified: 08 Apr 2013 11:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23498

Actions (login required)

View Item View Item