Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Physical Self-Assessment Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 3 Genengsari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Listiyanti, Dany and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Physical Self-Assessment Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 3 Genengsari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAJH_PUBLIKASI.pdf

Download (175kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan motivasi siswa melalui strategi Physical Self-assessment pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Genengsari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Setiap pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Genengsari yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengu mpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Physical Self-assessment dapat meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 3 Genengsari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolai tahun pelajaran 2012-2013. Hal ini dapat dilihat dari 1) keuletan dalam menghadapi kesulitan menjawab soal pra siklus 38,45%, pada siklus I 53,83%, dan pada siklus II mencapai 61,52%; 2) semangat dalam belajar pra siklus 53,83%, siklus I 69,21%, dan pada siklus II mencapai 76,9%; 3) kepercayaan diri dalam menjawab soal pra siklus 38,45%, siklus I 61,52% siklus II mencapai 69,21%; 4) kemampuan mendalami pengetahuan yang diberikan pra siklus 46,14%, siklus I 61,52%, siklus II 76,9%; dan 5) kemampuan diri menjawab soal pra siklus 53,83%, sik lus I 69,21%, siklus II meningkat menjadi 84,59%. Hasil belajar siswa meningkat di setiap siklus terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 5 siswa (38,45%) dengan nilai rata -rata 56,92; setelah dilaksanakan siklus I meningkat sebanyak 7 siswa (53,83%) dengan nilai rata - rata 68,46; dan pada siklus II meningkat sebanyak 11 siswa (84,59%) dengan nilai rata -rata 81,53. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Physical Self-assessment dapat meningkatkan motivasi pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Genengsari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012-2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaranphysical self-assessment, motivasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2013 11:00
Last Modified: 30 Oct 2021 18:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23494

Actions (login required)

View Item View Item