Penerapan Strategi Pembelajaranguide Note-Taking (GNT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Siswa Kelas VIII B SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013)

Delta SP, Elyaniar and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaranguide Note-Taking (GNT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Siswa Kelas VIII B SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematika kelas VIIIB SMP N 3 Colomadu. Dimana dalam proses belajar mengajarnya menerapkan strategi pembelajaran Guide Note-taking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian PTK. Subjek penerima tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Subjek pemberi tindakan adalah guru SMP N 3 Colomadu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa SMP N 3 Colomadu pada proses belajar mengajar matematika yang menerapkan strategi pembelajaran Guide Note-taking. Hasilnya dapat kita lihat dari indikator-indikator minat belajar, yaitu: (1) kemauan siswa mengerjakan tugas rumah (PR) meningkat dari 46,9% menjadi 96,9%, (2) keberanian siswa untuk bertanya tentang materi yang belum paham dari 9,4% menjadi 56,3% (3) kesiapan siswa yang mengerjakan latihan soal didepan kelas dari 9,4% menjadi 62,5% serta dari peningkatan indikator pemahaman konsep, yaitu kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah dari 31,3% menjadi 78,1%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Guide Note-taking dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematika kelas VIIIB SMP N 3 Colomadu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: guide note-taking, minat belajar, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2013 08:42
Last Modified: 01 Nov 2021 20:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23487

Actions (login required)

View Item View Item