Puspitaningtyas, Henny Retno (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (394kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi melalui penerapan model pembelajaran think pair share. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik tringulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi think pair share dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi, hal tersebut dilihat dari indikator: 1) mengemukakan ide, dari sebelum tindakan 18,18% menjadi 36,36% pada akhir tindakan, 2) mengajukan dan menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan 24,24% menjadi 42,42% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal di depan kelas 21,21% menjadi 48,48%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, think pair share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Apr 2013 12:01 |
Last Modified: | 02 Apr 2013 12:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23433 |
Actions (login required)
View Item |