Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Course Review Horay (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013)

Rismawati, Rismawati and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Course Review Horay (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (457kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika melalui strategi Course Review Horay. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 18 perempuan. Subjek pelaksana tindakan penelitian adalah guru matematika kelas VIIIG dibantu peneliti sebagai observer. lletode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitaif dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) adanya peningkatan komunikasi belajar matematika yang meliputi indikator: a) kemampuan siswa dalam menjawab pertanvaan sebelum tindakan (11, 76%) dan sesudah tindakan (64,70%), b) kemampuan kerjasama siswa dalam kelompok sebelum tindakan (20,59%) dan sesudah tindakan (73,53%), c) kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan (11,76%) dan sesudah tindakan (55,88%), dan kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebelum tindakan (14,71%) dan sesudah tindakan (58,82%), dan (2) adanya peningkatan hasil belajar matematika yang meliputi indikator nilai tes yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM >_ 75) sebelum tindakan (20,59%) dan sesudah tindakan (82,35%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, hasil belajar, course review horay
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2013 12:13
Last Modified: 27 Oct 2021 22:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23310

Actions (login required)

View Item View Item