Analisis High Order Thinking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pokok Bahasan Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar (Pada siswa kelas XII IPA semester ganjil SMA Al-Islam 3 Surakarta tahun 2012/2013)

Yuningsih, Tri and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Analisis High Order Thinking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pokok Bahasan Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar (Pada siswa kelas XII IPA semester ganjil SMA Al-Islam 3 Surakarta tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10_._ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (249kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan, memaknai serta memahami cara berpikir siswa pada kategori HOTS kelas XII IPA dalam menyelesaikan OEP pokok bahasan integral tak tentu fungsi aljabar, serta memperoleh bukti yang relevan mengenai variasi cara berpikir siswa mengenai pemecahan OEP dan dampaknya pada prestasi belajar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji (1) Cara berpikir siswa dalam menyelesaikan OEP pokok bahasan integral tak tentu fungsi aljabar, (2) dampak bervariasi HOTS siswa dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa. Jenis Penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas XII IPA SMA Al-Islam 3 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan didukung teknik pengukuran dalam penelitian ini adalah tes yang disajikan secara OEP. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis HOTS pada siswa kelas XII IPA SMA Al-Islam 3 Surakarata yaitu: (1) Prosentasi kategori HOTS secara rinci: 30% Recall, 60% Basic, 10% Critic, dan 0% Creative. (2) Dampak bervariasi HOTS siswa dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar yaitu terbukti adanya keseimbangan atau berbanding lurus antara HOTS dengan Prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HOTS (high order thinking skill), OEP (open ended problem), prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2013 12:24
Last Modified: 27 Oct 2021 22:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23282

Actions (login required)

View Item View Item