Yuningsih, Tri and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Analisis High Order Thinking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pokok Bahasan Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar (Pada siswa kelas XII IPA semester ganjil SMA Al-Islam 3 Surakarta tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (262kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
10_._ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (249kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan, memaknai serta memahami cara berpikir siswa pada kategori HOTS kelas XII IPA dalam menyelesaikan OEP pokok bahasan integral tak tentu fungsi aljabar, serta memperoleh bukti yang relevan mengenai variasi cara berpikir siswa mengenai pemecahan OEP dan dampaknya pada prestasi belajar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji (1) Cara berpikir siswa dalam menyelesaikan OEP pokok bahasan integral tak tentu fungsi aljabar, (2) dampak bervariasi HOTS siswa dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa. Jenis Penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas XII IPA SMA Al-Islam 3 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan didukung teknik pengukuran dalam penelitian ini adalah tes yang disajikan secara OEP. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis HOTS pada siswa kelas XII IPA SMA Al-Islam 3 Surakarata yaitu: (1) Prosentasi kategori HOTS secara rinci: 30% Recall, 60% Basic, 10% Critic, dan 0% Creative. (2) Dampak bervariasi HOTS siswa dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar yaitu terbukti adanya keseimbangan atau berbanding lurus antara HOTS dengan Prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS (high order thinking skill), OEP (open ended problem), prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 12:24 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23282 |
Actions (login required)
View Item |