Penerapan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Peserta Didik Kelas V Mi Sudirman Kaliboto Mojogedang Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

ROHCMAWATI , ANNIS (2013) Penerapan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Peserta Didik Kelas V Mi Sudirman Kaliboto Mojogedang Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (661kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (341kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyimak Bahasa Indonesia dengan media film animasi terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI Sudirman Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten karanganyar Tahun 2012/2013. Subjek dan objek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI Sudirman Kaliboto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah data nilai kemampuan menyimak siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanyan peningkatan nilai kemampuan menyimak film animasi. Hal ini dapat terlihat pada siklus I, siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 siswa dengan presentase 68,42%, pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan pada siswa yang tuntas menjadi 13 siswa dengan persentase 73,65% kemudian di siklus III meningkat signifikan menjadi 16 siswa yang tuntas belajar, dengan persentase ketuntasan belajar 84,21%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui media film animasi dapat meningkatkan kemampuan menyimak film animasi mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Sudirman Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media film animasi, Kemampuan menyimak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 22 Mar 2013 11:04
Last Modified: 22 Mar 2013 13:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23266

Actions (login required)

View Item View Item