Strategi Marketing Public Relations Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan, (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Marketing Public Relations Telkomsel Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan)

Pramesti, Agung Rezkina and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. and , Dian Purworini, S. Sos. MM (2013) Strategi Marketing Public Relations Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan, (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Marketing Public Relations Telkomsel Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (565kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)

Abstract

Telkomsel adalah salah satu produsen jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia. Di Indonesia banyak didirikan perusahaan produsen jasa telekomunikasi, antara lain Indosat, 3, XL, Axis, dan sebagainya. Adanya kompetitor yang banyak, membuat Telkomsel harus memiliki strategi yang berbeda dengan pesaingnya untuk menarik para calon pelanggan dan menjaga loyalitas pelangganya. Marketing Public Relations merupakan salah satu frontliner perusahaan termasuk Telkomsel. Dalam membuat strategi tersebut MPR Telkomsel memiliki fungsi untuk membuat program-program yang menarik. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations Telkomsel dalam mempertahankan loyalitas pelanggan Telkomsel. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.langkah langkah analisis data yaitu pengumpulan data,wawancara,reduksi data,penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1.Strategi Marketing Public Relations Telkomsel untuk menjaga loyalitas pelangganya yaitu menggunakan strategi Pull, Push, Pass. 2. Bentuk dan alat kegiatan marketing public relations Grapari Telkomsel:a.Iklan: Above the line dan Below the lineb. Events,yaitu melalui on air special events dan off air special events.c.community network3.Loyalitas pelanggan Telkomsel 1) Melakukan bentuk dan kegiatan pemasaran yang berbeda dari competitor, seperti strategi pemasaran berbasis komunitas. Menempatkan pertumbuhan pelanggan berbasis youth, woman, netizen. 2) Terus berinovasi sesuai dengan jaman untuk menarik hati pelanggan, Telkomsel memberikan fitur layanan internetan yang cepat di banding kompetitornya. 3) Sekarang masyarakat membutuhkan layanan operator yang ekonomis dan nyaman dalam berkomunikasi, Telkomsel memberikan jaringan terluas dan sinyal yang kuat hingga ke pelosok daerah meskipun dalam kondisi cuaca yang buruk 4) Mengeluarkan layanan program yang sesuai dengan waktunya. Adanya program-program MPR Telkomsel yang berbeda dengan kompetitornya membuat banyak orang yang menggunakan Telkomsel dan menjadi pelanggan yang loyal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Marketing Public Relations, Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:57
Last Modified: 22 Oct 2021 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22952

Actions (login required)

View Item View Item