Pengembangan Kemampuan Bahasa Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Celemek Ajaib Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Dungbang Tahun Pelajaran 2012-2013

MUFIDAH, ANIS and , Dra. Surtikanti, S.H, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Bahasa Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Celemek Ajaib Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Dungbang Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (353kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan bahasa melalui kegiatan bermain dengan media celemek ajaib pada anak kelompok B TK Aisyiyah Dungbang tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Dungbang. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan bahasa anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan media Celemek Ajaib dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak melalui kegiatan bermain dengan media Celemek Ajaib mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata pencapaian kemampuan bahasa anak meningkat dari prasiklus 45,16% menjadi 69,83% pada siklus I, Siklus II manjadi 81,33%. Jumlah anak yang mencapai prosentase keberhasilan 75% juga meningkat dari 13,34% di prasiklus, 46,67% di siklus I, dan 86,66% di siklus II. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan Celemek Ajaib dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok B TK Aisyiyah Dungbang. Jumlah anak yang mencapai prosentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai posentase pencapaian sebesar 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain, media, celemek ajaib, kemampuan bahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 12:02
Last Modified: 27 Oct 2021 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22914

Actions (login required)

View Item View Item