Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Terhadap Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia

Mudanti, Wijari and , Dr. Markhamah, M. Hum., and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. (2013) Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Terhadap Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (714kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (759kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai-nilai apa saja yang terkandung pada materi ajar Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/Mts Kelas VIII. (2) Mengidentifikasi pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang terhadap nilai pendidikan karakter pada materi ajar Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/Mts Kelas VIII. (3) Menggali asal pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang terhadap nilai pendidikan karakter pada materi ajar Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/Mts Kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat yang menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku materi ajar Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/Mts Kelas VIII. Adapun sumber data dalam penelitian ini berasal dari buku materi ajar Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/Mts Kelas VIII. Proses mengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam buku materi ajar Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/Mts Kelas VIII meliputi: 1) religius, 2) toleransi, 3) disiplin, 4) kerja keras, 5) kreatif, 6) mandiri, 7) rasa ingin tahu, 8) cinta tanah air, 9) menghargai prestasi, 10) bersahabat atau komunikatif, 11) gemar membaca, 12) peduli lingkungan, 13) peduli sosial, dan 14) tanggung jawab. Asal pemahaman siswa terhadap nilai pendidikan karakter meliputi: (1) orang tua, (2) guru, (3) teman, (4) guru dan orang tua, (5) guru dan teman, dan (6) buku dan guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman,siswa,pendidikan karakter.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Feb 2013 08:44
Last Modified: 28 Oct 2021 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22858

Actions (login required)

View Item View Item