Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Word Square Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Sempukerep, Sidoharjo, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013.

Putri, Septeria Yuana and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Word Square Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Sempukerep, Sidoharjo, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode word square pada siswa kelas V di SD Negeri II Sempukerep, Sidoharjo, Wonogiri Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kels (PTK) dengan model kolaborasi dengan guru kelas, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, kriteria penilaian motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam, panduan wawancara dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode word square pada siswa kelas V di SD Negeri II Sempukerep, Sidoharjo, Wonogiri. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam yang terdiri dari 5 aspek,yaitu Motivasi belajar di sekolah (disiplin),Tidak tergantung pada siswa lainnya,Belajar penuh semangat,Belajar mandiri, dan Berani berpendapat yang sebelumnya prosentase nilainya hanya 25%, 35%, 10%, 20% dan 20% saja untuk masing – masing aspek. Pada siklus I prosentasenya menjadi 45% untuk Motivasi belajar di sekolah (disiplin), 55% untuk aspek Tidak tergantung pada siswa lainnya, 50% belajar penuh semangat dan 40% serta 85% untuk aspek Belajar mandiri dan berani berpendapat. Pada siklus II prosentase untuk motivasi belajar menjadi 90%, 80%, 85%, 95% dan 80% untuk masing-masing aspek motivasi belajar. Pada penelitian ini ketuntasan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya hanya 25% atau 5 siswa yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 60. Pada siklus I menjadi 60% atau 12 siswa yang mendapat nilai diatas KKM, dan pada siklus II menjadi 85% atau 17 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya metode word square pada siswa kelas V di SD Negeri II Sempukerep Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2012 / 2013 dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat dan ketuntasan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode word square, motivasi dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 11:53
Last Modified: 27 Oct 2021 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22817

Actions (login required)

View Item View Item