Perbedaan Rerata Nilai VO2 Maks antara Mahasiswa yang Teratur Berolahraga dan Mahasiswa yang Tidak Teratur Berolahraga di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Andayani, Revina (2012) Perbedaan Rerata Nilai VO2 Maks antara Mahasiswa yang Teratur Berolahraga dan Mahasiswa yang Tidak Teratur Berolahraga di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (396kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (361kB)

Abstract

Partisipasi masyarakat Indonesia dalam bidang olahraga terus mengalami penurunan, yaitu dari 25,4% (2003), turun menjadi 23,2% (2006), dan terakhir turun menjadi 21,8% (2009). Hasil pengukuran tingkat kesegaran jasmani di 22 provinsi adalah 34,4% kurang, 9,53% baik, sedangkan sisanya dinyatakan sedang. Peningkatan kesegaran jasmani dapat dilakukan dengan cara berolahraga secara teratur. Peningkatan kesegaran jasmani tersebut diukur dengan menilai perubahan ambilan O2 maksimum (VO2 maks). Desain penelitian menggunakan metode penelitian analitik observasional (non-experiment) dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai September 2012 di Laboratorium Biomedik sub I Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel mahasiswa laki-laki yang teratur dan tidak teratur berolahraga umur 18-25 tahun. Besar sampel minimal sebanyak 25 subjek perkelompok. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Perbedaan rerata nilai VO2 maks antara mahasiswa teratur berolahraga dan mahasiswa tidak teratur berolahraga dianalisis dengan uji t dua kelompok tidak berpasangan dengan program SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rerata nilai VO2 maks antara mahasiswa yang teratur berolahraga (71,55 mL/kgBB/menit) dan mahasiswa yang tidak teratur berolahraga (57,12 mL/kgBB/menit). Hasil uji t dua kelompok tidak berpasangan menunjukkan significancy 0,000 (p<0,001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai VO2 maks mahasiswa yang teratur berolahraga lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak teratur berolahraga di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: VO2 maks, olahraga, uji t dua kelompok tidak berpasangan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Feb 2013 05:55
Last Modified: 18 Feb 2013 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22738

Actions (login required)

View Item View Item