Penggunaan Metode Bermain Kooperatif Dalam Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosi Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Alastuwo Kebakkramat Tahun Ajaran 2012/ 2013

Sulistyowati, Sri and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Penggunaan Metode Bermain Kooperatif Dalam Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosi Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Alastuwo Kebakkramat Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (286kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengembangan sosial emosional pada kelompok B di TK Aisyiyah Alastuwo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Alastuwo Kebakkramat Kabupaten karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru pendamping data yang di gunakan untuk mengetahui pengembangan sosial emosional maupun untuk mengetahui penerapan bermain untuk meningkatkan perkembangan pengembangan sosial emosional di kumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara. Tehnik analisis data menggunakan tehnik komparatif membandingkan rata rata kemampuan anak dengan indikator kinerja setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sosial emosional sebelum di lakukan tindakan sampai siklus II menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 38%, siklus I mencapai 69% , dan siklus II mencapai 83%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa penerapan metode bermain kooperatif dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada kelompok B di TK Aisyiyah Alastuwo Kebakkramat Tahun Ajaran 2012/ 2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan sosial emosional, metode bermain kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 05:50
Last Modified: 27 Oct 2021 01:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22665

Actions (login required)

View Item View Item