Pengembangan Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Praktikum di SMK Batur Jaya I Ceper Klaten

Santoso, Hanjar (2012) Pengembangan Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Praktikum di SMK Batur Jaya I Ceper Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (432kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) pembelajaran mata pelajaran instalasi penerangan listrik berbasis praktikum yang dilakukan oleh guru terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; dan (2) pengembangan pembelajaran instalasi penerangan listrik berbasis praktikum yang dilakukan oleh guru yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten. Design penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Lokasi penelitian di SMK Batur Jaya I Ceper Klaten. Subjek penelitian adalah guru produktif dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Pembelajaran Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Praktikum diberikan kepada kelas X dan kelas XI dengan metode ceramah, diskusi, tanya-jawab, dan praktek. Perencanaan pembelajaran meliputi menyusun RPP dan menyiapkan media pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan teori dan praktikum. Evaluasi pembelajaran melalui tes tertulis, wawancara, dan praktek; dan (2) Pengembangan Pembelajaran Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Praktikum dilakukan terhadap materi pembelajaran dan alat atau media pembelajaran. Pengembangan materi dilakukan melalui pengalaman yang diperoleh dari pelatihan, aplikasi secara nyata, mempelajari buku-buku pelajaran, serta membuat job sheet pembelajaran. Pengembangan alat atau media adalah dengan menambah alat-alat yang jarang ditemui. Evaluasi pengembangan pembelajaran melalui pengamatan diri maupun menggali dari guru-guru yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Instalasi Penerangan Listrik, Praktikum.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 06:44
Last Modified: 19 Dec 2012 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22203

Actions (login required)

View Item View Item