Peran Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Nugroho, Setya (2012) Peran Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (631kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (355kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menganalisis pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionlisme guru SD Negeri se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang; 2) menganalisis pengaruh motivasi berprestasi guru terhadap profesionlismeguru SD Negeri se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang; dan 3) menganalisis pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap profesionlisme guru SD Negeri se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional karena penelitian ini berusaha menyelidiki pengaruh antara beberapa variabel penelitian yaitu persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi sebagai variabel independen serta profesionalisme guru sebagai variabel dependen. Studi ini akan menggunakan analisis regresi. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh guru SD Negeri se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil yang berjumlah 190 orang. Sampel dalam penelitian guru SD Negeri se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil yang berjumlah 148 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner. Pengujian validitas dilakukan pada 30 guru SD yang bukan berstatus Pegawai Negeri Sipil, hasil pengujian validitas diketahui bahwa 2 item pertanyaan tentang persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dinyatakan tidak valid, 3 item pertanyaan tentang motivasi kerja tidak valid dan 2 item profesionalisme guru tidak valid dan seluruh variabel mempunyai instrumen yang reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi guru tentang kepemimpinan Kepala Sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SD Negeri se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang pada taraf signifikansi 5%; 2) motivasi berprestasi guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SD Negeri se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang pada taraf signifikansi 5%; dan 3) persepsi guru tentang kepemimpinan Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SD Negeri se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pesepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, profesionalisme guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 05:37
Last Modified: 19 Dec 2012 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22193

Actions (login required)

View Item View Item