Hubungan Lama Pemakaian High Heels Dengan Resiko Fasciitis Plantaris Pada Sales Promotion Gilrs (SPG) PT. Sri Ratu Madiun

Herlina, Iffa and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, (2012) Hubungan Lama Pemakaian High Heels Dengan Resiko Fasciitis Plantaris Pada Sales Promotion Gilrs (SPG) PT. Sri Ratu Madiun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (997kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (376kB)

Abstract

Lama pemakaian high heels adalah waktu yang dihabiskan untuk memakai high heels selama bekerja. Menurut Nilla (2011), kebiasaan menggunakan high heels dengan tinggi hak ≥ 5 cm dan model stiletto heels shoes dapat mengakibatkan fasciitis plantaris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama pemakaian high heels dengan resiko fasciitis plantaris pada sales promotion girls (SPG) PT. Sri Ratu Madiun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian quesioner kepada responden yang menggunakan stiletto shoes dan memberi pernyataan dari setiap pernyataan di kuesioner tersebut, kemudian melakukan pemeriksaan spesifik yaitu fasciitis plantaris test. Pengolahan dan analisa data dilakukan uji normalitas kolmogrov-smirnov dan uji rank correlation test (spearman) dengan menggunakan SPSS for windows untuk melihat hubungan lama pemakaian high heels dengan resiko fasciitis plantaris pada sales promotion girls (SPG) PT. Sri Ratu Madiun. Hasil penelitian ini secara deskriptif dari 53 sampel terdapat 83,02 % yang beresiko terjadi fasciitis plantaris dan secara analisis berdasar pada hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rank correlation test (spearman) sebesar 0,041 dengan p- value 0,001 dengan demikian bahwa p< 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat hubungan antara lama pemakaian high heels dengan resiko fasciitis plantaris pada sales promotion girls (SPG) PT. Sri Ratu Madiun. Dari hasil tersebut diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan untuk membuka wawasan berfikir ilmiah dan untuk melihat permasalahan yang timbul dalam ruang lingkup fisioterapi terutama dikehidupan sehari-hari. Khususnya bagi fisioterapi, penelitian ini dapat memperkaya variasi penatalaksanaan kasus-kasus fisioterapi, dan memberikan edukasi kepada pasien terutama yang sering menggunakan high heels.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lama pemakaian high heels, fasciitis plantaris pada SPG
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2012 05:36
Last Modified: 10 Nov 2016 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item View Item