Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Turnamen Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iv Sd Kanisius Pati 01

YF. Sumaryati, Sumaryati (2012) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Turnamen Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iv Sd Kanisius Pati 01. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
DAFTAR_ISI.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I_Pendahuluan(1).pdf

Download (19kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II_Kajian_Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III_Metodologi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV_Sejarah_SDK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V_Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran turnamen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kanisius Pati 01 Pati. Sumber data dalam penelitian siswa kelas IV SD Kanisius Pati 01 Pati. Obyek penelitian adalah proses pembelajaran matematika, keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran turnamen di kelas IV SD Kanisius Pati 01 Pati.Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, dokumen dan tes. Instrumen penelitian ini adalah peneliti dengan alat bantu berupa pedoman observasi, dokumen berupa RPP,silabus dan tes. Untuk mengetahui kredibilitas data digunakan triangulasi yakni dengan mencocokkan hasil observasi data yang diperoleh dengan hasil observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran turnamen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Kanisius Pati 01 Pati. Proses pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran turnamen untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah : (1). Penjelasan yang lebih rinci tentang karakteristik pembelajaran dengan strategi pembelajaran turnamen, (2). Mengurangi keterlibatan guru dengan memberi kesempatan siswa menjadi pembelajar aktif dan mandiri, (3). Kelompok diskusi terdiri dari 3 – 4 siswa, (4) Menambahkan soal – soal turnamen untuk siswa. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil rata – rata persentase kemampuan siswa yaitu pada pra PTK sebesar 37% dengan kategori rendah, siklus I sebesar 55,6% dengan kategori sedang, dan pada siklus II sebesar 92,6% dengan kategori tinggi. Dengan demikian disarankan agar dapat melanjutkan penelitian ini dengan menggunakan strategi pembelajaran turnamen untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan materi operasi hitung campur dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan , Hasil Belajar , Strategi Pembelajaran Turnamen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2012 15:04
Last Modified: 27 Nov 2012 15:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item