Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Quantum Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Gumul Karangnongko Klaten Tahun Pelajaran 2012 /2013

Sahadah, Nur (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Quantum Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Gumul Karangnongko Klaten Tahun Pelajaran 2012 /2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas belajar IPA Siswa kelas V SD Negeri 4 Gumul dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum.(2) Meningklatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Gumul dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah siswa 16 siswa terdiri dari siswa laki-laki 9 siswa dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan, wawancara, dan simak catat. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah: (1) Strategi pembelajaran quantum dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 4 Gumul, Karangnongko, Klaten. Hal ini dengan bukti adanya peningkatan rata-rata skor pengamatan aktivitas belajar dari siklus 1 sebesar 63,5% menjadi 80%, berarti naik 16,25 % (2) Strategi pembelajaran quantum dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 4 Gumul, Karangnongko, Klaten.. Hal ini terbukti dengan adanya kenaikan rata-rata dari siklus ke siklus, dimana siklus 1 rata-rata sebesar 68,8 menjadi 79,1 berarti hasil belajar naik 13%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Aktivitas Belajar IPA, Strategi Belajar Quantum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Nov 2012 11:58
Last Modified: 26 Nov 2012 12:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21545

Actions (login required)

View Item View Item