Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Card Sort Penelitian Pada Anak Kelompok A TK Islam Bakti II Gagaksipat Tahun Ajaran 2012-2013

SUPARTINI, SUPARTINI (2012) Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Card Sort Penelitian Pada Anak Kelompok A TK Islam Bakti II Gagaksipat Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (446kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (324kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi kemampuan mengenal konsep bilangan anak – anak di kelompok A yang lemah karena guru dalam mengajar monoton dan metode belum variatif. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan dalam mengenal konsep bilangan.Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas,Subyek penelitian tindakan ini adalah anak-anak kelompok A Tk Islam Bakti II Gagaksipat Tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 anak. Sifat Penelitian ini Kolaboratif antara guru sebagai peneliti dan kepala sekolah kolaboratornya.Pengumpulan data menggunakan Observasi,Wawancara,dan Dokumen foto-foto. Keabsahan data diperiksa dengan Trianggulasi atau perbandingan data.Data dianalisis secara Diskriptif Komparatif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, tingkat kemampuan mengenal konsep bilangan anak – anak kelompok A sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu anak yang mampu mengenal konsep bilangan sekitar 35%, setelah dilakukan tindakan dengan metode Card Sort dalam proses pembelajaran, menghasilkan peningkatan pada siklus I 60%.Siklus II 71,9 %, Siklus III 80 %. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka, Hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa di duga “Dengan menggunakan metode Card Sort dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak-anak kelompok A Tahun ajaran 2012/2013 terbukti berhasil” dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan ,Diskriptif Komparatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Nov 2012 10:38
Last Modified: 26 Nov 2012 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21535

Actions (login required)

View Item View Item