Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Talking Stick Bagi Siswa Kelas IV SDN 2 Beji Tulung Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Yulianto, Cahyo (2012) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Talking Stick Bagi Siswa Kelas IV SDN 2 Beji Tulung Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Beji kecamatan Tulung Klaten dengan menerapkan strategi Talking Stick. Penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas dengan rancangan perbaikan pembelajaran berbentuk siklus – siklus yang seolah-olah merupakan daur ulang yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil pengamatan, pembelajaran setelah menerapkan strategi pembelajaran talking stick Setelah adanya perbaikan pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat memuaskan, jika pada kondisi awal hanya 5 anak atau 38 % pada siklus I naik menjadi 54 % dan pada siklus II anak yang sudah memperoleh nilai mencapai KKM sebanyak 11 siswa atau 85 % Hal ini disebabkan oleh : a) Siswa telah mengalami peningkatan kesiapan belajar ; b) Siswa lebih memahami materi pelajaran; c) Motivasi belajar telah meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Talking Stick: dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN 2 Beji Kecamatan Tulung Klaten. Kesimpulan penelitan tindakan kelas di atas mengimplikasikan bahwa siswa perlu dibiasakan untuk gemar belajar agar mereka menjadi insan yang kompeten dan kompetitif. Dari hasil penelitian tersebut juga mengimplikasikan guna membangkitkan semangat belajar diperlukan adanya pemberian motivasi dari guru. Interaksi antara siswa dan guru dan sumber belajar perlu dibangun dengan baik agar terjadi proses pembelajaran aktif, kreatif, efisien efektif, inovatif, menantang dan menyenangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Talking Stick, Minat dan Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2012 11:31
Last Modified: 26 Nov 2012 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21525

Actions (login required)

View Item View Item