Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Kpk Dan Fpb Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Butuhan Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament)TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Astuti, Rini Yuni (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Kpk Dan Fpb Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Butuhan Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament)TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (274kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada kelas IV SD Negeri 2 Butuhan kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten pada pokokbahasan KPK dan FPB.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Butuhan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri 17 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari tiap-tiap aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kealtifan belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) menujukkan bahwa seluruh aspek-aspek keaktifan belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Butuhan pada pokok bahasan KPK dan FPB mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada aspek mencatat materi dari 53% menjdi 76%, aspek mengajukan pendapat dari 35% menjadi 64%, aspek merespon pertanyaan dari 53% menjadi 59%, aspek berdiskusi dari 59% menjadi 70%, aspek mengerjakan LKS dari 59% menjajadi 82%, aspek mengerjakan turnamen tetap 94%, dan aspek presentasi dari 47% menjadi 64%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, matematika, TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:51
Last Modified: 23 Nov 2012 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21520

Actions (login required)

View Item View Item