Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa Pada Materi Peta Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Murni, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa Pada Materi Peta Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (BSB V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keberanian bertanya IPS materi peta melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Delanggu KlatenTahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten beserta guru kelas IV sebagai partner kolaborasi dan peneliti sebagai perancang dan pelaku tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, test.Teknik analisis data menggunakan Triangulasi data dan Trianggulasi metode.Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keberanian bertanya siswa pada materi peta dengan modelpembelajaran jigsaw siswa kelas IV, peningkatan bertanya siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa dari sebelum tindakan, siklus I hingga siklus II. Sebelum tindakan jumlah siswa yang berani bertanya sebanyak 17,64% dari jumlah siswa kelas IV meningkat 35,5% pada siklus I menjadi 52,94%, pada siklus II siswa yang berani bertanya sebanyak 82,35% atau meningkat sebesar 29,41% dari siklus I.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keberanian bertanya siswa materi peta mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran jigsaw, keberanian bertanya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:11
Last Modified: 23 Nov 2012 13:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21507

Actions (login required)

View Item View Item