Penerapan Metode Pemberian Tugas Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V SDN. 2 Kayumas, Jatinom Klaten

Suwiranto, Suwiranto (2012) Penerapan Metode Pemberian Tugas Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V SDN. 2 Kayumas, Jatinom Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (384kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui metode pemberian tugas bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Kayumas, Jatinom, Klaten. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model siklus. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah menyusun perencanaan mengadakan tindakan, melakukan pengamatan atau observasi, melaksanakan analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini antara lain tes, observasi langsung, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai aktifitas yaitu 67% dan nilai hasil belajar yaitu 66%. Pada Siklus II diperoleh rata-rata nilai aktifitas siswa yaitu 79% dan nilai hasil belajar yaitu 87%. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA, ser ta hasil belajar pada siswa kelas V SDN 2 Kayumas, Jatinom, Klaten dengan memberi penguatan dan memberi kesempatan siswa lebih berpartisipasi dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, metode pemberian tugas, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:09
Last Modified: 23 Nov 2012 14:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21505

Actions (login required)

View Item View Item