Peningkatan Kemampuan Kognitif Dengan Menggunakan Kartu Angka Bergambar Pada Anak Kelompok B Di Tk Maria Assumpta Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

karsiyem, Yacintha (2012) Peningkatan Kemampuan Kognitif Dengan Menggunakan Kartu Angka Bergambar Pada Anak Kelompok B Di Tk Maria Assumpta Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan kartu angka bergambar pada anak kelompok B TK Maria Assumpta Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok BI (St.Antonio) TK Maria Assumpta Klaten yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif aspek berhitung pada anak kelompok BI TK Maria Assumpta melalui kartu angka bergambar. Sebelum tindakan, kemampua kognitif aspek berhitung hanya dimiliki 5 anak (57,78%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menggunakan kartu angka bergambar paada siklus I kemampuan kognitif aspek berhitung meningkat menjadi 11 anak (69,37%), dan siklus II meningkat menjadi 21 anak (74%). Berdasarka hasil analisis data pada pada peelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui penerapan kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuam kognitif anak pada aspek berhitung pada anak kelompok BI TK Maria Assumpta Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 “terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kartu angka bergambar, aspek berhitung efektif, antusias.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Nov 2012 10:53
Last Modified: 20 Nov 2012 13:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21303

Actions (login required)

View Item View Item