Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Modified Free Inquiry Dengan Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012)

Milaksih, Wiwit Rinta (2012) Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Modified Free Inquiry Dengan Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (974kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa selama proses pembelajaran matematika melalui strategi modified free inquiry dengan berbasis macromedia flash. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Karanganyar yang berjumlah 32 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII D SMP Negeri 5 Karanganyar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari indikator kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika yang meliputi apek : 1) mampu menentukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 50%, 2) mempunyai ide dalam memecahkan masalah sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 53,12%, 3) mampu mengemukakan ide pendapat dengan jelas sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 59,37%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi modified free inquiry dengan berbasis macromedia flash dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: modified free inquiry, macromedia flash, kreativitas siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Nov 2012 07:08
Last Modified: 16 Nov 2012 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item