Gaya Bahasa Ironi Pada Wacana Iklan Provider Seluler Dalam Surat Kabar Harian Edisi November s.d. Desember 2011

Winarsih, Tri (2012) Gaya Bahasa Ironi Pada Wacana Iklan Provider Seluler Dalam Surat Kabar Harian Edisi November s.d. Desember 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (506kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (346kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan gaya bahasa ironi pada wacana iklan provider seluler dalam surat kabar harian edisi November-Desember 2011. (2) Mendeskripsikan interpretasi para pembaca yang membaca wacana iklan provider seluler untuk pembaca dalam surat kabar harian edisi November-Desember 2011. (3) Mendeskripsikan maksud dan tujuan wacana iklan provider seluler bagi pembaca dalam surat kabar harian edisi November-Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak. Metode ini digunakan untuk melakukan penyimakan langsung data yang diteliti, kemudian dilakukan pula dengan menggunakan teknik catat, angket dan wawancara. Teknik adalah pencatatan terhadap data-data dan dilanjutkan dengan klasifikasi data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih bagi unsur langsung dan metode padan. Hasil penelitian dapat disimpulkan saebagai berikut: Pertama, gaya bahasa ironi pada iklan provider seluler dapat diklasifikasikan yang menyindir menjadi tiga, yaitu menyatakan kelebihan kartu, menyatakan kartunya sendiri paling murah, dan mengecilkan kontribusi atau pengeluaran oleh pembeli. Kedua, interpretasi para pembaca dapat diinterpretasikan menjadi lima bagian, yaitu tidak setuju, setiap iklan menjelek-jelekkan produk atau kartu lain, tergantung yang menyikapi, ada fakta opini, dan kurang mendidik. Ketiga, pendapat responden terdapat empat maksud, yaitu persaingan, menarik pelanggan sebanyak-banyaknya, saling menjatuhkan, dan menarik minat. Pendapat responden terdapat enam tujuan, yaitu keuntungan, untuk mendapatkan pelanggan banyak, kesetiaan, kreatifitas, saling menjatuhkan, dan terbaik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya bahasa, ironi, dan provider seluler
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 10 Nov 2012 04:54
Last Modified: 10 Nov 2012 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21074

Actions (login required)

View Item View Item