Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here Kolaborasi Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 01 Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

JAYA, SUFYAN ANDANG (2012) Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here Kolaborasi Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 01 Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
2._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (bab 2)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab 3)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab 4)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (bab 5)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
10._JURNAL.pdf

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V SD N 01 Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is A Teacher Here kolaborasi Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan, akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone is A Teacher Here kolaborasi Team Quiz. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V SD N 01 Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan penerapan strategi Everyone is a Teacher Here kolaborasi Team Quiz keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 70% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn pada kelas V SD N 01 Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar yaitu sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum penerapan strategi Everyone is A Teacher Here kolaborasi Team Quiz siswa yang aktif sebanyak 5 siswa (23,80%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu penerapan strategi pembelajaran Everyone is A Teacher Here kolaborasi Team Quiz, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 11 siswa (57,89%), setelah tindakan direvisi pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 16 siswa (80%). Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas, hipotesis yang menyatakan ‘‘Diduga melalui Penerapan Strategi Everyone is A Teacher Here kolaborasi Team Quiz dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Siswa kelas V SD N 01 Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012“ terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Everyone is A Teacher Here, kolaborasi, Team Quiz dan Keaktifan siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 09 Nov 2012 11:38
Last Modified: 09 Nov 2012 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21063

Actions (login required)

View Item View Item