Aspek Sosial Dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Di SMA

MIRANTI, DWI RAJIB (2012) Aspek Sosial Dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Basb IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Penelitian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Entrok karya Okky Madasari; (2) mengungkapkan aspek-aspek sosial novel Entrok karya Okky Madasari dengan pendekatan sosiologi sastra; (3) mengungkapkan implikasi hasil penelitian ini dalam pembelajaran bahasa di SMA Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Entrok karya Okky Madasari adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek sosial dalam novel Entrok karya Okky Madasari yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Teknik pengumpulan data dalam pene litian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. (1) Hasil analisis struktural menunjukkan bahwa tema novel Entrok karya Okky Madasari adalah perilaku manusia yang memperjuangkan keadilan dalam kehidupan sosialnya. Alur dalam novel Entrok karya Okky Madasari dikemas sedemikian rupa dengan alur maju. Aspek penokohan yang berperan sebagai tokoh utama (tokoh mayor) adalah Marni, sedangkan tokoh minor adalah Rahayu, dan Teja. Latar sosial dalam novel Entrok karya Okky Madasari menggambarkan lingkungan sosial desa kecil dan kehidupan sosial masyarakat desa di Jawa Timu; (2) Hasil analisis aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Entrok karya Okky Madasari adalah aspek status sosial dan profesi perempuan serta ekonomi,. Aspek status sosial dan profesi perempuan berkaitan dengan perjuangan Marni yang ingin mendapatkan pengakuan dan pendapatan serta pendidikan bagi anaknya. Aspek ekonomi menggambarkan peningkatan status sosial ekonomi dari Marni dari golongan ekonomi bawah, meningkat menjadi golongan ekonomi atas; (3) Pemanfaatan novel Entrok sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA berpedoman pada nilai- nilai pendidikan yang terkandung dalam novel (aspek bahasa, psikologi, sosial, etika, dan agama),. Selanjutnya terdapat adanya kesesuaian antara novel sebagai bahan ajar dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pelajaran bahasa Indonesia untuk SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek sosial, sosiologi sastra, novel Entrok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 07 Nov 2012 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21015

Actions (login required)

View Item View Item