Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui VCD Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pasuruhan Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Musripah, Siti (2012) Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui VCD Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pasuruhan Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (446kB)

Abstract

Kemampuan bercerita siswa kelas V SD N Pasuruhan masih rendah. Upaya untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan media VCD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui VCD pada siswa kelas V SD N Pasuruhan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan, yang terdiri dari 10 siswa putra dan 10 siswa putri. Media penelitian ini menggunakan media VCD. Alat pengumpulan data yang meliputi : wawancara, lembar observasi, lembar tes formatif dan tes menceritakan kembali melalui media VCD. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif komparatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian akan dihentikan jika setiap siswa mampu mencapai nilai KKM 61. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I adalah 63,19, dan siklus II nilai rata-ratanya yaitu 70,24 dan peningkatan siswa pada siklus I sebanyak 12 siswa. Pada siklus II sebanyak 17 siswa yang mengalami peningkatan. Hal ini berarti ada peningkatan nilai dari siklus I sampai siklus II, sehingga dapat dikatakan bahwa media VCD yang diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan dapat meningkatkan kemampuan bercerita.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bercerita, Media VCD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2012 11:16
Last Modified: 05 Nov 2012 11:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item