Peningkatan Aktifitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaan Riil Pada Siswa Kelas Iv Sdn Sumbersari 01 Tahun Pelajaran 2012/ 2013

MAFAZA , MUTIA (2012) Peningkatan Aktifitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaan Riil Pada Siswa Kelas Iv Sdn Sumbersari 01 Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
halaman_depan.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media riil. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan kepala sekolah SD Sumbersari 01. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini melalui tahap, refleksi awal dan analisis pencarian data. Proses penelitian meliputi dua siklus, yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu ;perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peniningkatan aktiftas siswa matematika. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu: keharidaran siswa, ketertarikan siswa dalam pembelajaran, kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan, keaktifan siswa dalam berfikir, keberanian siswa maju ke depan kelas, keingin tahuan siswa yang meningkat, dan kemampuan siswa menguasai konsep keliling dan luas segitiga dan jajargenjang. Pada tahap pra siklus dilketahui aktifitas siswa rendah dengan rata-rata persentase aktifitas siswa dibawah 39%. Pada siklus I terdapat peresentase aktifitas sedikit meningkat pada tahap baik dengan nilai persentase keaktifan 73% dan pada siklus II keaktifan siswa sangat baik dengan persentase keaktifan 82% . Hal ini membuktikan adanya kenaikan aktifitas belajar yang meningkat bagi siswa dengan penggunaan media riil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, aktifitas-pembelajaran matematika, media- riil
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2012 11:07
Last Modified: 02 Nov 2012 11:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item View Item