Karakteristik Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Ibu Pada Anak Usia 2-6 Tahun Di Perumahan Griya Mayang Permai, Kecamataan Gatak, Kabupaten Sukoharjo

TITISARI, DIAN (2012) Karakteristik Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Ibu Pada Anak Usia 2-6 Tahun Di Perumahan Griya Mayang Permai, Kecamataan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab 2)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab 3)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab 4)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab 5)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengetahui karakteristik fonologi dan sintaksis pada penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu pada anak usia 2- 6 tahun di Perumahan Griya Mayang Permai, kecamatan Gatak, kabupaten Sukoharjo. (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu pada anak usia 2-6 tahun di Perumahan Griya Mayang Permai, Kecamatan Gatak, kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk satuan bahasa Indonesia dan kalimat yang digunakan anak usia 2-6 tahun. Sumber data primer yaitu anak usia 2-6 tahun yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu. Sedangkan, sumber data sekunder yaitu orang tua anak yang menjadi sumber data primer. Teknik pengumpulan data dengan teknik cakap semuka, teknik simak libat cakap, dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) karakteristik fonologi terdapat perubahan fonem dan adanya penghilangan salah satu fonem. Karakteristik sintaksis, yaitu anak sering menggunakan kata tidak baku pada komunikasi sehari-hari, terdapat penggunaan bahasa Jawa, anak sudah dapat membentuk kalimat yang bisa berdiri sendiri berdasarkan fungsinya yang terdiri atas S-P, S-P-O, S-P-K, terdapat kalimat majemuk bertingkat dan anak sudah menguasai aspek mau, lagi, baru. (2) terdapat dua faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu pada anak usia 2-6 tahun, yaitu faktor lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Faktor lingkungan keluarga paling utama karena lingkungan keluarga merupakan faktor yang paling dekat dengan anak. Faktor lingkungan masyarakat karena dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan bahasa Indonesia maka, anak akan bertambah terbiasa dalam menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi dengan siapa saja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakteristik, fonologi, sintaksis, bahasa Indonesia dan bahasa ibu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 31 Oct 2012 11:13
Last Modified: 31 Oct 2012 11:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20906

Actions (login required)

View Item View Item