Pengaruh Manajemen Pembelajaran Akhlaq Terhadap Tingkah Laku Siswa Kelas XI IPA Di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Warniyati, Warniyati (2012) Pengaruh Manajemen Pembelajaran Akhlaq Terhadap Tingkah Laku Siswa Kelas XI IPA Di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (670kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (276kB)

Abstract

Manajemen merupakan suatu rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian atau pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi yang mencakup kegiatan belajar mengajar, sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang mencakup pengetahuan, keterampilan maupun sikap. Jadi manajemen pembelajaran akhlaq adalah usaha dan tindakan kepala sekolah sebagai pemimpin instruksional di sekolah dan usaha maupun tindakan guru sebagai pemimpin pembelajaran akhlaq di kelas dilaksanakan sedemikian rupa untuk memperoleh hasil dalam rangka mencapai tujuan program sekolah dan tujuan pembelajaran. Disadari atau tidak, sering terlihat manajemen pembelajaran akhlaq di sekolah kurang efektif dan prilaku seorang siswa yang menyimpang seperti, perkelahian dikalangan pelajar, bolos sekolah, minum alkohol dan sebagainya. Siswa sebagai penerus estafet perjuangan bangsa perlu sekiranya mendapat bekal yang cukup dalam mencapai cita-cita bangsa, sehingga pemberian bekal lewat sekolah haruslah lengkap dan seimbang. Berdasarkan pemaparan diatas, penulis mencoba menuliskannya dalam bentuk skripsi. tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran akhlaq serta mengetahui pengaruh manajemen pembelajaran akhlaq terhadap tingkah laku siswa terutama jurusan IPS. Penelitian yang digunakan dalam karya ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam menentukan obyek penelitian, penulis menentukan seluruh warga sekolah kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar sebagai populasi. Untuk menentukan sampel, peneliti menentukan siswa kelas XI IPS 1, yang berjumlah 36 siswa. Sedangkan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan, peneliti menjadikan kepala sekolah, guru pelajaran akhlaq, guru BP dan perwakilan siswa sebagai subyek penelitian. Sedangkan untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistic berdasarkan rumus product moment yaitu: Dari hasil penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan Manajemen pembelajaran Akhlaq kepada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, sudah berjalan dengan baik. Sedangkan berdasarkan analisis data yang diiperoleh Manajemen pembelajaran Akhlaq ternyata pengaruh positif terhadap peningkatan tingkah laku siswa, yaitu dapat dibuktikan dengan nilai rhitung = 0,501 dan harga rtabel =0,329 (0,501>0,329).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Akhlaq, Tingkah Laku Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Oct 2012 11:50
Last Modified: 01 Oct 2012 11:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20403

Actions (login required)

View Item View Item