Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Amri, M. Sholihul (2012) Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_depan.pdf

Download (561kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_publikasi.pdf

Download (593kB)

Abstract

Kedisiplinan belajar adalah sikap kesadaran, ketaatan, dan kepatuhan seseorang terhadap tata tertib, norma-norma, peraturan dan ketentuan-ketentuan baik yang dibuat sendiri maupun yang disepakati bersama. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah bukti keberhasilan siswa dalam memperoleh keterampilan belajar pendidikan agama Islam yang dilakukan dalam jangka waktu tertantu yang diwujudkan dalam bentuk nilai atau angka. Kedisiplinan belajar mampu mempengaruhi suatu prestasi belajar. Kedisiplinan belajar yang tinggi, akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Apa yang telah diuraikan di atas sebagai dasar untuk mengadakan penelitian mengenai hal tersebut. Masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP N 2 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini untuk menguji hipotesis hubungan antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP N 2 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Selain itu, penelitian ini bersifat korelatif kuantitatif antara dua variabel. Dalam penelitian ini, sampel diambil secara total dan data diambil dengan metode angket dan metode dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif menggunakan analisis data statistik yang dipakai untuk menguji hipotesis assosiatif (hubungan variabel) berupa korelasi koefisien kontingensi. Hasil analisis korelasi yang didapat dari teknik korelasi koefisien kontingensi, diperoleh df sebesar 92, maka dapt ditemukan harga rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0,205, sedangkan pada taraf signifikansi 1% = 0,267. Dengan demikian, Ø lebih besar daripada rtabel, baik pada taraf signifikansi 5% (0,712 > 0,205) maupun 1% (0,712 > 0,267). Dengan ini, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima, yaitu ada korelasi positif yang sifgnifikan antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP N 2 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Oct 2012 08:42
Last Modified: 01 Oct 2012 08:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item