Upaya Meningkatkan Kemampuan Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Melalui Metode Bercerita Dengan Media Papan Flanel Pada Anak Di Kelompok B Tk Satu Atap Gondangrawe Tahun Pelajaran 2012/ 2013

WIDIHASTUTI, YULI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Melalui Metode Bercerita Dengan Media Papan Flanel Pada Anak Di Kelompok B Tk Satu Atap Gondangrawe Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (169kB)

Abstract

anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik perhatian anak dan bermakna bagi anak. Salah satu bentuk peningkatan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk adalah melalui bercerita dengan media papan flanel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Satu Atap Gondangrawe semester I tahun ajaran 2012/ 2013. Adapun jumlah anak didiknya adalah 30 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawatnya. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai pelaksana tindakan dan observer, sedang teman sejawat membantu mengamati selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penugasan, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dan dilakukan dengan teknik interaktif dan komparatif dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk melalui metode bercerita dengan media papan flanel. Hal ini dibuktikan dengan prosentase keberhasilan dari prasiklus 30,14 %, siklus I diperoleh 40,92 %, siklus II 61,68 %, dan pada siklus III mencapai 82,97 %. Kesimpulan dan penelitian ini adalah penerapan metode bercerita dengan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk pada anak kelompok B TK Satu Atap Gondangrawe.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membedakan baik buruk, bercerita papan flanel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 19 Sep 2012 10:43
Last Modified: 10 Mar 2015 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20087

Actions (login required)

View Item View Item