Analisis Aspek Kognitif Pada Soal-Soal Latihan Buku Ajar Matematika Sma Kelas Xii

NARWANTI, NANIK (2012) Analisis Aspek Kognitif Pada Soal-Soal Latihan Buku Ajar Matematika Sma Kelas Xii. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_2.pdf

Download (276kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan aspek kognitif pada soal-soal latihan buku ajar matematika sekolah menengah atas (SMA) kelas XII. Untuk itu dipilih tiga buku ajar Matematika kelas XII SMA yang terdiri dari buku BSE dan buku Non BSE. Penelitian dilaksanakan dengan menganalisis aspek kognitif menurut TIMSS yang telah ditentukan pada soal-soal latihan matematika prosentase soal knowing (pengetahuan) berdasarkan penyajian soal pada buku ajar matematika yang tertinggi berada pada buku “Matematika aplikasi untuk SMA Kelas XII” karangan Pesta E. S Cecep, Anwar H.F.S di peroleh 53,02 %. Sedangkan buku “Matematika untuk SMA Kelas XII” karangan Sartono Wirodikromo memperoleh prosentase terendah dengan 27,97 %. Prosentase soal applying (penerapan) berdasarkan penyajian soal pada buku ajar matematika yang tertinggi berada pada buku “Matematika untuk SMA Kelas XII” karangan Sartono Wirodikromo diperoleh 65,92 %. Sedangkan Buku “Matematika Aplikasi untuk SMA kelas XII” karangan Pesta E. S Cecep, Anwar H.F.S memperoleh prosentase terendah dengan 45,64 %. Prosentase soal reasoning (penalaran) berdasarkan penyajian soal pada buku ajar matematika yang tertinggi berada pada buku “Matematika untuk SMA Kelas XII” karangan Sartono Wirodikromo diperoleh 6,11 %. Sedangkan Buku “Matematika Aplikasi untuk SMA kelas XII” karangan Pesta E. S Cecep, Anwar H.F.S memperoleh prosentase terendah dengan 1,34 %. Dari analisis disimpulkan bahwa aspek kognitif yang mendominasi dari ketiga buku adalah aspek kognitif applying (penerapan), sedangkan aspek yang paling sedikit adalah aspek kognitif reasoning (penalaran).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek kognitif, knowing, applying, reasoning, soal, buku ajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:33
Last Modified: 17 Jan 2019 07:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19911

Actions (login required)

View Item View Item