Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Konsep Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Model Team Games Tournament Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Tahun Pelajaran 2011/2012

Paryanti, Endang Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Konsep Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Model Team Games Tournament Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: ”Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament dalam peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Jatisobo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri 04 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM yang ditetapkan adalah sebanyak 11 siswa atau 55%, sedangkan yang belum tuntas adalah 9 siswa atau 45 %. Pada siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan materi yakni 15 siswa atau 75 %, sedangkan yang belum tuntas adalah menurun tinggal 5 siswa atau 25%. Sedangkan kondisi siklus III dapat tercapai ketuntasan, yakni dari 20 siswa 18 anak dapat tuntas sedangkan yang belum tuntas adalah 2 siswa atau10 %. Jadi pada siklus III indikator pencapaian telah tercapai di atas 85 % yakni sebesar 90 % siswa mencapai ketuntasan. Oleh karena itu pada pembelajaran hanya sampai pada siklus III. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni ” Penerapan model Team Games Tournament untuk meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 04 Jatisobo” dapat terjawab. Kata Kunci: hasil belajar, teams gam

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, teams games tournament
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Sep 2012 05:06
Last Modified: 12 Sep 2012 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19872

Actions (login required)

View Item View Item