Pengaruh Tipe Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2010/2011

Al Kindhi, Fikhar (2012) Pengaruh Tipe Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (286kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengatahui pengaruh tipe belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2010/2011; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2010/2011; 3) Untuk mengetahui pengaruh tipe belajar siswa dan persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 2,096+ 0,837X1 + 0,799X2. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan tipe belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,081 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,044 dengan sumbangan efektif sebesar 20,6%; 2) Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,101 > 2.026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,043 dengan sumbangan efektif sebesar 20,8%; 3) Ada pengaruh yang signifikan tipe belajar dan persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 13,059 > 3,251 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,414. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,414 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh tipe belajar dan persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 41,4% sedangkan 58,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tipe Belajar, Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Ekonomi dan Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 07:30
Last Modified: 04 Sep 2012 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19729

Actions (login required)

View Item View Item