Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Haryati, Dyah (2012) Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (85MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I_SKRIPSI.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB__II_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (628kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa Materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 JatipuroKaranganyar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan tes. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan kostitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar mengalami peningkatan sebesar 75% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu dari 20 siswa yang tuntas dalam belajar hanya 6 (30%) siswa. setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz pda proses pembelajaran PKn materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama diperoleh hasil yaitu siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 11 (55%) siswa dan siklus II meningkat menjadi 16 (80%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dengan penerapan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dapat meningkatkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan diterima kebenaranya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan srategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz akan menyebabkan semakin tinggi pula ketuntasan belajar siswa. Strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz merupakan faktor yang ikut mempengaruhi ketuntasan belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Small Group Discussion, Team Quiz, Ketuntasan belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2012 10:13
Last Modified: 09 Aug 2012 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19560

Actions (login required)

View Item View Item