Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Juwiring Tahun Ajaran 2011/2012

Alfiana, Nadia Risna (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Juwiring Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (288kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Juwiring melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Juwiring yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data, reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data aktivitas belajar pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 20,27%. Sedangkan dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siklus I prosentase aktivitas belajar meningkat sebesar 42,24%, siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 76,35%. Dan hasil belajar siswa kondisi awal sebelum tindakan sebesar 54,05%, pada siklus I sebesar 62,16% dan siklus II sebesar 86,49%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Juwiring tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, aktivitas belajar, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Aug 2012 10:03
Last Modified: 06 Aug 2012 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19465

Actions (login required)

View Item View Item