Unsur-Unsur Kriminalitas Novel Di Atas Mahligai Cinta Karya Sri Rokhati : Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

Jayanty, Devita Indra (2012) Unsur-Unsur Kriminalitas Novel Di Atas Mahligai Cinta Karya Sri Rokhati : Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel DMC karya Sri Rokhati yang meliputi tema, amanat, alur, penokohan, dan latar, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi tindakan kriminalitas dalam novel DMC karya Sri Rokhati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah unsur struktural dan unsur kriminalitas dalam novel DMC karya Sri Rokhati. Data penelitian ini adalah wacana yang berkaitan dengan unsur struktural dan unsur kriminalitas novel DMC karya Sri Rokhati. Sumber data penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, catat, dan wawancara. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik dialektika. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural yaitu tema utama tentang kisah percintaan yang tulus, murni, dan suci, tidak akan pernah luntur dan hilang sampai maut memisahkan. Tema lain dalam penelitian ini yaitu tindakan pembunuhan yang semestinya tidak dilakukan oleh istri kepada suami yang semata-mata hanya ingin menguasai harta suami. Amanat yang disampaikan pengarang kepada pembaca yaitu sebagai aparat penegak hukum khususnya seorang hakim harus wajib memiliki prinsip jujur, adil, dan bijaksana. Alur yang digunakan dalam novel DMC adalah alur maju. Tokoh-tokoh yang dianalisis dalam penelitian ini adalah tokoh utama yaitu Airin dan tokoh tambahan yaitu Zakaria, Budiarso, Bunda, Ety, Aminah, Ucok, Erika, Tarjo, dan Parno. Latar pada novel DMC karya Sri Rokhati dibagi menjadi tiga bagian, yaitu latar lempat, latar waktu, dan latar sosial. Hasil penelitian berdasarkan unsur-unsur kriminalitas dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra dalam novel DMC karya Sri Rokhati ditemukan dua jenis faktor penyebab kriminalitas, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang menonjol adalah daya emosional pelaku kriminalitas yang tidak bisa terkontrol karena telah dibutakan oleh materi. Faktor ekstern penyebab kriminalitas yaitu faktor ekonomi yang selalu menimbulkan ketidakpuasan, faktor perkawinan yang tidak harmonis, dan faktor dorongan nafsu. Sikap budaya pengarang yag terdapat dalam novel DMC karya Sri Rokhati sehubungan dengan masalah kriminalitas yaitu tokoh jahat selalu mendapat hukuman dan tidak mendapatkan kebahagiaan diakhir cerita. Implementasi unsur kriminalitas dalam pembelajaran di SMA yaitu menekankan pada kegiatan apresiasif yang merupakan usaha untuk membentuk pribadi yang imajinatif agar siswa dapat membuat karya-karya yang unik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: unsur-unsur kriminalitas, struktural, sosiologi sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 Jul 2012 06:24
Last Modified: 23 Jul 2012 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19262

Actions (login required)

View Item View Item