Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Materi Ekosistem Dengan Media Power Point Siswa Kelas VII C SMP Muhammadyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Maryani, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Materi Ekosistem Dengan Media Power Point Siswa Kelas VII C SMP Muhammadyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (599kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek afektif melalui strategi pembelajaran Crossword Puzzle dengan media Power Point pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai belajar siswa aspek kognitif pada siklus I prosentase ketuntasan 71,79% dengan rata-rata nilai 70,00, pada siklus II prosentase ketuntasan meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata menjadi 83,59. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I dari berinisiatif 46,15%, bekerjasama 53,85%, penuh perhatian 56,41%, kedisiplinan siswa 58,97%. Pada siklus II hasil belajar aspek afektif mengalami peningkatan berinisiatif 71,79%, bekerjasama 84,62%, penuh perhatian 74,36%, dan kedisiplinan siswa 79,49%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Crossword Puzzle dengan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Muhammadyah 10 Surakarta aspek kognitif dan aspek afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, Crossword Puzzle, Power point
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Jul 2012 09:19
Last Modified: 18 Jul 2012 09:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19215

Actions (login required)

View Item View Item