Pengaruh Interaksi Belajar Dan Intensitas Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2 Pada Mahasiswa Angkatan 2009/2010

Cahayani, Apriana (2012) Pengaruh Interaksi Belajar Dan Intensitas Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2 Pada Mahasiswa Angkatan 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAHPUBLIKASI.pdf

Download (326kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh interaksi belajar terhadap motivasi belajar AKM 2 pada mahamahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi semester V angkatan 2009 FKIP UMS; 2) Untuk mengetahui pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap motivasi belajar AKM 2 pada mahamahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi semester V angkatn 2009 FKIP UMS; 3) Untuk mempengaruhi pengaruh interaksi belajar dan intensitas perhatian orang tua terhadap motivasi belajar AKM 2 pada mahamahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi semester V angkatan 2009 FKIP UMS. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi semester V angkatan 2009 FKIP UMS. Sampel diambil sebanyak 149 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 16,513+ 0,333X1 + 0,446X2. Persamaan menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh interaksi belajar dan intensitas perhatian orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Interaksi belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,280 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 11%; 2) Intensitas perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,595 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 12,3%; 3) Interaksi belajar dan intensitas perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 1322,198 > 3,058 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,233 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh interaksi belajar dan intensitas perhatian orang tua terhadap motivasi belajar mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 2, adalah sebesar 23,3% sedangkan 76,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Belajar, Intensitas Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Jun 2012 06:03
Last Modified: 28 Jun 2012 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19109

Actions (login required)

View Item View Item