Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Studi Situs Smk Muhammadiyah 1 Klaten

Haris, Abdul (2012) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Studi Situs Smk Muhammadiyah 1 Klaten. Thesis thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab.VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik setting pembelajaran berbasis teaching factory di SMK Muhammadiyah 1 Klaten (2) Ciri-ciri aktivitas guru dalam pembelajaran berbasis teaching factory di SMK Muhammadiyah 1 Klaten. (3) Ciri-ciri aktivitas belajar siswa berbasis teaching factory di SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Subjek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Informan kunci adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dalam situs, analisis data tertata serta data tidak tertata. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian ini adalah; 1). Pengelolaan pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Klaten dalam meningkatkan pelayanan kepada stake holder telah berupaya dengan menerapkan pembelajaran berbasis teaching factory dengan baik, 2).Para guru di SMK Muhammadiyah 1 Klaten telah melakukan proses pembelajaran berbasis teaching factory dengan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu, membangun karakter guru yang kuat, merencanakan pembelajaran melalui lembar kerja dan melakukan pembelajaran berbasis kebutuhan industri atau konsumen, 3) Dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis teaching factory siswa telah di siapkan sejak awal untuk memiliki kemampuan dan kepribadian yang baik, serta membekali mereka dengan beberapa kompetensi agar siswa kelak setelah lulus mereka siap kerja maupun menjadi wirausaha mandiri

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: teaching factory, aktivitas, Setting
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Jun 2012 10:20
Last Modified: 11 Jun 2012 11:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19058

Actions (login required)

View Item View Item