Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan PAKEM Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 di SD N Bumi 1 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2009/2010

Iqbal, Muhammad (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan PAKEM Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 di SD N Bumi 1 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2009/2010. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Di lapangan banyak guru yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pada proses pembelajarannya guru menerangkan materi yang diajarkan dengan metode ceramah, siswa mendengarkan kemudian mencatat hal yang dianggap penting. Sumber utama pada proses ini adalah penjelasan guru. Siswa hanya pasif mendengarkan uraian materi, menerima dan menelaahbegitu saja ilmu atau informasi dari guru. Hal ini tentu berakibat informasi yang didapat kurang begitu melekat dan membekas pada diri siswa. Dengan langkah ini juga siswa cepat merasa bosan, jika perasaan ini terus bertambah tentu akan berdampak buruk bagi siswa misalnya minat siswa untuk belajar matematika akan turun yang pada akhirnya pencapaian prestasi siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran PAKEM di SDN Bumi 1 No. 67 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran PAKEM di SDN Bumi 1 No. 67 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), maka penelitian ini berusaha menfokuskan tentang peningkatan kualitas pembelajaran dengan pembelajaran aktif, kreatif, menyenangkan (PAKEM) mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Bumi 1 No. 67 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Dalam penelitian tindakan ini menggunakan bentuk guru kelas sebagai peneliti, penanggung jawab penuh penelitian ini adalah guru. Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran di kelas dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran PAKEM memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (84,85%) dan siklus II (90,91%). 2) Penerapan pembelajaran PAKEM mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari aktifitas siswa yang lebih aktif dalam belajar terutama dengan menggunakan metode pembelajaran PAKEM sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, PAKEM, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jun 2012 05:05
Last Modified: 06 Jun 2012 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19047

Actions (login required)

View Item View Item