Shodiqin, Shodiqin (2011) Pembinaan Guru Dalam Penyusunan Portofolio Sertifikasi Pendidik di SMK Negeri Kabupaten Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
2_Halaman_Depan.pdf Download (168kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
Bab_1.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab.II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab.III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab.IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab.V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab.VI)
Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1. Peran pembinaan yang dilakukan Tim pembina sertifikasi kepada guru dalam penyusunan portofolio sertifikasi guru SMK di Kabupaten Sragen; 2. Model pembinaan dilakukan oleh Tim pembina sertifikasi dalam membantu guru SMK di Kabupaten Sragen dalam menyusun portofolio sertifikasi pendidik. 3. Kesulitan yang dialami guru SMK di Kabupaten Sragen dalam menyusun portofolio sertifikasi pendidik Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: 1. Peran pembinaan guru agar dapat lulus dari program sertifikasi melalui jalur portofolio sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah yang dapat menerapkan strategi peningkatan mutu guru melalui langkah-langkah: a. Menciptakan disiplin di segala bidang melalui keteladanan; menciptakan komunikasi dua arah yang baik. b. Membangkitkan motivasi dan semangat untuk maju, c. Menciptakan masyarakat belajar di sekolah, d. Menentukan tonggak-tonggak keberhasilan, e. Menerapkan Punishment and reward 2. Model pembinaan yang dilakukan oleh tim pembina dapat dijabarkan melalui Dinas Pendidikan dengan mengumpulkan para peserta sertifikasi dalam suatu aula guna mendapatkan bimbingan teknik program sertifikasi. Langkah selanjutnya yakni Pengawas pendidikan mendata guru-guru SMK Negeri yang terjaring program sertifikasi mendatangi masing-masing guru tersebut untuk melakukan pembinaan secara kelompok maupun individu serta bersama kepala sekolah memberikan pembinaan dan penilaian kinerja guru sebagai salah satu komponen dalam portofolio. 3. Jenis kesulitan yang timbul saat penyusunan portofolio: 1) sarana prasarana sebagai faktor pendukung untuk tercapainya program yang kurang memadai, 2) guru yang kurang mau dan mampu menerima suatu perubahan kearah yang lebih baik, warga sekolah (khususnya sebagaian pendidik) merasa kurang seimbang antara tugas dan kewajiban yang harus diterimanya serta 3) sedikitnya partisipasi guru dalam kegiatan yang dilaksanakan pengembangan profesi dan kegiatan ilmiah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Portofolio, Sertifikasi, Pendidik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 31 May 2012 14:00 |
Last Modified: | 01 Jun 2012 11:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18976 |
Actions (login required)
View Item |