Pengelolaan Program Keahlian Teknik Pemesinan (Studi Situs di SMK Binawiyata Sragen)

Tardi, Tardi (2012) Pengelolaan Program Keahlian Teknik Pemesinan (Studi Situs di SMK Binawiyata Sragen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakteristik pengelolaan kurikulum program keahlian teknik pemesinan di SMK Binawiyata Kabupaten Sragen. (2) Mendeskripsikan karakteristik kompetensi guru program keahlian teknik pemesinan di SMK Binawiyata Kabupaten Sragen, dan (3) Mendeskripsikan karakteristik tata letak ruang pembelajaran program keahlian teknik pemesinan di SMK Binawiyata Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di SMK Binawiyata Sragen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Uji keabsahan data atau memeriksa kebenaran data digunakan cara pengamatan yang terus-menerus, trianggulasi, dan membicarakan dengan orang lain atau rekan sejawat. Hasil penelitian: (1) Tujuan kurikulum program keahlian teknik pemesinan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang Teknik Pemesinan atau memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang teknik pemesinan, dengan kompetensi: (a) Menjelaskan: dasar kekuatan bahan & komponen mesin, prinsip dasar kelistrikan & konversi energi, proses dasar perlakuan logam, (b) Menggunakan: perkakas tangan, perkakas bertenaga/operasi digenggam, peralatan pembanding dan/atau alat ukur dasar, (c) Melakukan pekerjaan dengan mesin frais, bubut, gerinda dan mesin bubut (kompleks), (d) Mengeset, memprogram & mengoperasikan mesin CNC (dasar). (2) Guru pada SMK Binawiyata Kabupaten Sragen Program Keahlian Teknik Pemesinan berjumlah 30 guru termasuk guru agama dan olah raga, kesemuanya telah memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat atau sarjana yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan/diampu. Kompetensi guru meliputi: kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. (3) Ruang pembelajaran program keahlian teknik pemesinan terdiri dari ruang teori dan ruang praktik, ditata sesuai dengan fungsi ruang masing-masing. Ruang praktik ditata agar berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran: pekerjaan logam dasar, pengukuran dan pengujian logam, membubut lurus, bertingkat, tirus, ulir luar dan dalam, memfrais lurus, bertingkat, roda gigi, menggerinda-alat, dan pengepasan/pemasangan komponen. Penataan ruang praktik diletakkan terpisah dengan ruang teori.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kurikulum, kompetensi guru, tata letak ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 May 2012 06:12
Last Modified: 31 May 2012 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18962

Actions (login required)

View Item View Item