Puspitasari., Herwiyati Satiti (2012) Pengelolaan Pembelajaran Ekonomi Sekolah Standar Nasional (Studi Situs Di SMP Negeri 1 Sragen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (79kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
BAB_VI.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan ciri-ciri aktivitas guru dalam pembelajaran ekonomi; 2) mendeskripsikan ciri-ciri aktivitas siswa dalam pembelajaran ekonomi; dan 3) mendeskripsikan ciri-ciri interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan desain etnografi untuk memahami sudut pandang masyarakat SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen mengenai ciri-ciri aktivitas guru dalam pembelajaran ekonomi, ciri-ciri aktivitas siswa dalam pembelajaran ekonomi dan ciri-ciri interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Data dianalisis melalui reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ciri-ciri aktivitas guru dalam pembelajaran Ekonomi terlihat pada kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu melengkapi perangkat pembelajaran dan aktivitas mengembangkan materi, dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu guru menggunakan pendekatan yang berbeda, dan kegiatan evaluasi pembelajaran tes yang diberikan, 2) Ciri-ciri aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi nampak pada kegiatan pembelajaran teori dan praktek yang menuntut partisipasi aktif siswa dan kegiatan diskusi pelajaran yang hasilnya dipresentasikan, 3) Ciri-ciri interaksi guru dengan siswa terlihat dari kegiatan pra pembelajaran sampai kegiatan penutup yang berkaitan dengan materi pelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran, Sekolah Standar Nasional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 30 May 2012 08:51 |
Last Modified: | 30 May 2012 12:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18950 |
Actions (login required)
View Item |