Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kreativitas Guru, dan Fasilitas Belajar Terhadap Keterampilan Guru Di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo

Sumanto, Heru (2012) Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kreativitas Guru, dan Fasilitas Belajar Terhadap Keterampilan Guru Di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ATRIBUT_UJIAN.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kontribusi (1) kemampuan manajerial kepala sekolah, kreativitas guru, dan fasilitas belajar terhadap keterampilan guru di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo; (2) kemampuan manajerial kepala sekolah, terhadap keterampilan guru di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo; (3) kreativitas guru terhadap keterampilan guru di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo; dan (4) fasilitas belajar terhadap keterampilan guru di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK di Kecamatan Kutoarjo yang berjumlah 262 guru yang terdiri dari 5 SMK dengan tingkat kesalahan 5 % maka jumlah sampel adalah 149 orang. Penentuan sampling penelitian ini dengan teknik proportionate random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi variabel kemampuan manajerial kepala sekolah, kreativitas guru, dan fasilitas belajar terhadap keterampilan guru di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan Nilai R² sebesar 0,543 berarti variabel kemampuan manajerial kepala sekolah, kreativitas guru, dan fasilitas belajar secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 54,3%. Sedangkan sisanya sebesar 45,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) Terdapat kontribusi variabel kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap keterampilan guru di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi 0,017 < 0,05. Besarnya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 15,11%.; (3 Terdapat kontribusi variabel kreativitas guru terhadap keterampilan guru di SMK Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 Besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 15,13%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajerial kepala sekolah, kreativitas, fasilitas belajar, keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2012 07:41
Last Modified: 30 May 2012 12:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18945

Actions (login required)

View Item View Item